Geschool Twitter Facebook Google Plus Email
INFO : <div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='news'>news</a></div>
Home » » Kurikulum SD Negeri 1 Patukangan

Kurikulum SD Negeri 1 Patukangan

Written By admin on Rabu, 17 Juli 2013 | 7/17/2013

Kurikulum yang diberlakukan di SD Negeri 1 Patukangan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

A. Mata Pelajaran

Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan. Muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum pada jenjang pendidikan dasar menengah.

Struktur kurikulum di SD Negeri 1 Patukangan meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai Kelas I sampai dengan Kelas VI. Struktur Kurikulum ini disusun berdasarkan standar kompetensi kelulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :

Kurikulum ini memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri. Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan. Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru atau tenaga pendidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstra kurikuler. Kegiatan pengembang  diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah pribadi dan kehidupan social, belajar dan pengembangan karir peserta didik.

Substansi mata pelajaran IPA dan IPS SD Negeri 1 Patukangan   merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpadu”.  Pembelajaran pada Kelas I – III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada Kelas IV – VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit. Minggu efektif dalam satu tahun pembelajaran (dua semester) adalah 34–38 minggu

B. Muatan Lokal

Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yagn disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh sekolah. Sekolah dapat menyelenggarakan satu mata pelajaran muatan lokal setiap semester atau dua mata pelajaran muatan lokal dalam satu tahun. Muatan lokal yang diterapkan di SD Negeri 1 Patukangan adalah sebagai berikut :

1. Bahasa Jawa

Muatan lokal Bahasa Jawa wajib bagi semua siswa kelas I – VI. Alokasi  waktu adalah  1 jam pelajaran per minggu.

2. Bahasa Inggris

Muatan lokal Bahasa Inggris wajib bagi semua siswa kelas I hingga kelas VI.  Alokasi waktu adalah 2 jam pelajaran per minggu. Untuk kelas I – V ditambah materi keterampilan berbahasa.

3. Komputer
Muatan lokal Komputer  wajib bagi semua siswa kelas III hingga kelas VI. Alokasi waktu adalah 2 jam pelajaran per minggu

C. Strategi Pendidikan dan Pengajaran

v  Menyelenggarakan proses pembelajaran dengan pendekatan SAL  (“Student Aktif Learning”).
v  Menerapkan metode inovatif dan kreatif dalam pengajaran
v  Melaksanakan perbaikan dan tindak lanjut  berdasarkan analisis hasil evaluasi
v  Menerapkan model penilaian yang menyeluruh
v  Merancang dan menyelenggarakan kegiatan belajar dengan pola learning by doing, out door study, serta resource bassed learning.
v  Mengutamakan pola keteladanan terhadap pembiasaan akhlak dan budi pekerti.
v  Menyelenggarakan model pendidikan kepemimpinan melalui program life skills dan out bound.
v  Menyelenggarakan sholat dhuhur secara berjamaah di sekolah.
v  Mengoptimalkan disiplin dan budaya sekolah.
v  Mengoptimalkan kerja sama sekolah dengan orang tua.
v  Menyelenggarakan pola penanganan anak berkesulitan belajar.
v  Memberikan layanan khusus kepada anak “spesial needs”.

D. Pengembangan Diri dan Ekstra Kurikuler

Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga pendidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan peer teaching dan habit forming. Kegiatan pengembang  diri dilakukan melalui kegiatan life skill, ekstra kurikuler dan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah pribadi dan kehidupan sosial, belajar dan pengembangan karir peserta didik.

Pengembangan diri di SD Negeri 1 Patukangan terdiri atas :

1. Keunggulan Lokal
Bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang ramah dan menyenangkan dalam settingan pendidikan inklusi. Pembelajaran yang bermakna dan melayani semua keunikan/ kebutuhan siswa dengan pendekatan out door study, parenting school, outbound, dan masteri learning.

2. Keunggulan Global
Bertujuan untuk mewujudkan pembelajaran yang berwawasan global dengan mengadakan kelas berbasis ICT dan Hot spot area.

3. Life Skill
Bertujuan untuk menanamkan sikap mandiri, bertanggungjawab, jujur, mandiri, dan beraklak mulia. Kegiatan ini dikemas dengan mentoring bagi siswa laki-laki dan keputrian bagi siswa perempuan.

4. Habit Forming
Betujuan untuk menciptakan suasana yang akrab dan bersahabat dengan budaya 5 S (salam, senyum, sapa, sopan, dan santun), makan siang dan sholat berjama’ah.

5. Bimbingan dan Konseling
Bertujuan untuk membimbing dan mengarahkan siswa dalam mewujudkan cita-cita, serta menyelesaikan problematika (problem solving) yang dihadapi.

6. Ekstra Kurikuler 

Ektra kurikuler diadakan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa, daftar ekstra kurikuler klik disini.


1
Dokumen KTSP
2
Muatan Kur PAI
3
Muatan Kur PKn
4
Muatan Kur Bhs Indonesia
5
Muatan Kur Matematika
6
Muatan Kur IPA
7
Muatan Kur IPS
8
Muatan Kur SBK
9
Muatan Kur Penjas Orkes
10
Muatan Kur Bhs Jawa
Lihat
Unduh
11
Muatan Kur Bhs Inggris
12
Muatan Kur TIK
Lihat
Unduh
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
CP Admin : Admin 1
Support : Johny Template | Color Code | IT Patukangan | IT Suport | Research Cons
Copyright © 2013. Website Resmi SD Negeri 1 Patukangan Kendal - All Rights Reserved
SD Negeri Patukangan 1
Jl. Wali Gembyang No. 21 Patukangan Kendal Pos 51311
E-mail : sd1patukangan@gmail.com | Telpon : +62-294-384450